Kamis, 24 Mei 2012

Munas IX ORARI di Jakarta Tingkatkan Jumlah IOTA

Munas IX ORARI di Jakarta Tingkatkan Jumlah IOTA 
23 November 2011, Reporter: Irwan 
Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) diharapkan semakin peduli terhadap kepentingan masyarakat dan meningkatkan jumlah Island On The Air (IOTA). Harapan ini disampaikan oleh beberapa tokoh ORARI yang hadir dalam acara Pembukaan Musyawarah Nasional IX ORARI pada 20 Oktober 2011 lalu di Balairung Susilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
Munas ORARI tahun 2011 yang mengangkat tema, “Tingkatkan Kualitas dan Pengabdian Amatir Radio Indonesia” ini, selain dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, juga dihadiri banyak pengurus ORARI pusat maupun daerah. Di antaranya hadir Ketua Umum ORARI Sutiyoso, Wakil Ketua Umum ORARI IGK Manila dan Sekjen ORARI Suryo Susilo.
Muhammad Budi Setiawan yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informasi RI Tifatul Sembiring saat membacakan sambutan, mengharapkan kepada pengurus ORARI agar dapat menyusun program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat informasi. Antara lain dapat meningkatkan etika tanggap darurat dalam bencana dan meningkatkan jumlah Island On The Air (IOTA), yaitu penyuaraan pulau-pulau terdepan kepada dunia sebagai batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Menurut Ketua Umum ORARI Sutiyoso YB0ST, Amatir Radio yang Berjiwa Patriot sudah menghasilkan 32 pulau terdepan yang terregistrasi melalui kegiatan IOTA. Jumlah itu merupakan bagian dari 92 pulau terdepan wilayah NKRI sesuai PP nomor 78 tahun 2005. Kecuali itu, ada lagi 40 pulau lainnya yang juga terregistrasi, sebagai kontribusi 32 ORARI daerah /provinsi dan 382 ORARI lokal kabupaten dan kota.
Ditambahkan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, ORARI sekarang semakin peduli kepada masyarakat, terutama dalam kondisi bencana. ORARI juga meningkatkan kerja sama dengan Menkominfo, Kementrian Sosial, Palang Merah Indonesia (PMI) maupun Basarnas.
Pembukaan Munas juga menggelar pemberian penghargaan Nugraha Kelas I dan Kelas II bagi para anggota ORARI yang memberikan sumbangsih dan pengabdian untuk Organisasi Amatir Radio. Dalam kesempatan ini, Sekjen ORARI Suryo Susilo membacakan 22 nama anggota yang mendapatkan Nugraha ORARI Kelas I dan Kelas II. Di antaranya adalah Pemimpin Perusahaan Majalah Gemari Drs TP Suparta, MBA, YBOKVN yang menerima penghargaan Nugraha ORARI Kelas II. Para penerima penghargaan ini diberikan langsung oleh Dirjen Budi Setiawan didampingi Wakil Gubernur Prijanto, Ketua Umum ORARI Sutiyoso dan Wakil Ketua Umum ORARI IGK Manila.
Munas ke-IX juga menyusun program kerja dan pemilihan pengurus baru masa bakti 2011-2016. Selanjutnya, sebanyak 150 peserta mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan Musyawarah Nasional (Munas) ORARI di Singosari Room Hotel Grand Sahid Jakarta 22-23 Oktober 2011. Seiring dengan Munas ini juga diselenggarakan All Indonesia HAM Festival 2011 untuk memperebutkan Piala Bergilir Menkominfo yang penyelenggaraan festival ini dilakukan di Lapangan IRTI Monas Jakarta, 22-23 Oktober 2011.




Dikutip Dari:http://www.orari.or.id

0 komentar:

Posting Komentar